welcome

Selasa, 08 November 2011

penetapan tujuan dari suatu perencanaan bisnis


Penetapan Tujuan dari Suatu Perencanaan Bisnis
   Oleh : Dina Aryati


Senin, 22 Agustus 2011 08.44 WIB
(Vibizmanagement – Finance) - Apa yang menjadi tujuan anda untuk berbisnis akan sangat mempengaruhi rencana bisnis anda, mendefinisikan rencana bisnis memang tidak mudah, karena definisi rencana bisnis akan menjadi  berbeda untuk setiap organisasi. Sebuah rencana bisnis, dalam bentuk yang paling sederhana, biasanya akan menentukan di mana Anda ingin bisnis lalu bagaimana dan berapa lama Anda berencana untuk mendapatkannya. Sebuah rencana bisnis sangat penting untuk memulai sebuah bisnis dapat dikatakan ini merupakan blue print untuk membangun bisnis Anda.
Setelah rencana bisnis ditulis, kita tidak boleh mengabaikannya. Hal ini hanya berguna jika terus hidup, dipertahankan dan berkembang.

Perencanaan dalam arti yang sederhana sering diberi makna dengan ungkapan seperti “berpikir sebelum bertindak atau berhitung sebelum melangkah”.
Perencanaan Bisnis menurut beberapa businessman bukan sekedar lembaran kertas yang berisikan daftar investor dan  bukan untuk formalitas, bukan juga seperti tugas kuliah agar dapat nilai terbaik. Perencanaan bisnis tidak hanya sebuah peta perjalanan.
Dalam perencanaan bisnis jangan “membuat bisnis yang terlalu sempurna” atau perfeksionis atau terlalu bertele-tele. Tetapi perencanaan bisnis bisa anda gunakan untuk mengelola dan meminimalisir resiko kegagalan.

Peranan perencanaan ini sangat penting dalam kaitannya dengan upaya pencapaian suatu tujuan. Tanpa ada perencanaan atau perencanaan yang dibuat kurang baik, maka kemungkinan besar tujuan tersebut tidak tercapai atau tercapai tetapi dengan biaya yang sangat mahal

Rencana bisnis yang terbaik harus memiliki tujuan-tujuan yang jelas dan mengandung strategi. Tujuan anda harus smart,spesifik,terukur,achievable,realistis dan memiliki Jangka waktu

Tujuan merupakan jantung dari rencana bisnis. Mereka memberikan indikasi yang jelas dari mana bisnis dimulai dan sedang menuju kemana lalu apa yang anda usahakan untuk mencapainya. Tujuan rencana adalah bagian yang paling penting. Setiap rencana harus menguraikan tujuan Anda. Setiap tujuan harus menentukan hasil dan kegiatan yang dapat dengan mudah dilacak. Ini mungkin meningkatkan penjualan bulanan atau keuntungan untuk beberapa nomor tertentu atau persentase tertentu, mengurangi biaya atau biaya operasional ke nomor tertentu atau persen, menjaga cash flow, melunasi pinjaman, atau menemukan jumlah tertentu pendanaan baru.

Menurut Clement Bev, dari "Bagaimana Menjalankan Bisnis Online," tujuan harus dapat diukur sehingga kemajuan dapat ditentukan, ditindaklanjuti sehingga tindakan yang jelas dapat dirancang dan realistis sehingga mereka dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu. Tujuan memungkinkan mereka yang membaca rencana bisnis dapat melihat seperti apa perusahaan di masa depan.

Tujuan Jangka panjang  ditetapkan melalui perencanaan strategis yang diterjemahkan ke dalam kegiatan dapat dipastikan mencapai tujuan melalui perencanaan operasional.
Menetapkan tujuan melibatkan proses terus menerus penelitian dan pengambilan keputusan. Pengetahuan tentang bisnis anda sendiri merupakan titik awal yang penting dalam menetapkan tujuan.
Setiap tujuan harus menentukan hasil dan kegiatan yang dapat dengan mudah dilacak. Ini mungkin meningkatkan penjualan bulanan atau keuntungan untuk beberapa nomor tertentu atau persentase tertentu, mengurangi biaya atau biaya operasional ke nomor tertentu atau persen, menjaga cash flow, melunasi pinjaman, atau menemukan jumlah tertentu pendanaan baru.

Tujuan tidak harus datang secara eksklusif dari hasil keuangan. Anda dapat menetapkan tujuan untuk kinerja, kepuasan pelanggan, dan elemen kunci lain dari keberhasilan, asalkan Anda menentukan bagaimana mereka akan diukur.
Tujuan yg kita buat harus diukur terhadap skala waktu yang ditentukan. Hasilnya mungkin menunjukkan bahwa area tertentu dari bisnis tersebut tidak dikelola dengan baik, atau bahwa tidak menguntungkan untuk alasan lain. Perubahan kondisi pasar, teknologi, ketersediaan sumber daya atau faktor eksternal lain mungkin membuat lebih sulit untuk berhasil di daerah tertentu bisnis. Faktor serupa dapat membuka pintu lain untuk bisnis. Oleh karena itu, masuk akal jika ada perubahan rencana.

Mengubah rencana dapat berarti penghapusan beberapa tujuan lama, dan pengenalan tujuan baru. Ini bukan "kecurangan", itu adalah mengadopsi perspektif yang realistis bahwa dalam bisnis: hal-hal dapat berubah; Anda perlu menyesuaikan tujuan dalam rencana bisnis Anda sehingga mereka memberikan bisnis Anda kesempatan terbaik untuk sukses.

Tujuan dari rencana anda akan membantu Anda mengukur, mengendalikan dan mengelola bisnis. Tanpa mereka Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah bisnis sukses atau tidak.

SUMBER :
http://vibizmanagement.com/journal/index/category/financial/1622

Tidak ada komentar:

Posting Komentar